Powered by Blogger.

Sistem Reproduksi pada Manusia

Sistem Reproduksi pada Manusia. Hasil peleburan sel telur (sel kelamin wanita) dan sperma (sel kelamin pria) di dalam tubuh wanita akan tumbuh dan berkembang biak menjadi individu baru.

1. SISTEM REPRODUKSI PADA PRIA

Sistem reproduksi pria dibedakan menjadi organ reproduksi dalam dan organ reproduksi luar.

Organ Reproduksi Luar


a. Penis

Organ kopulasi (persetubuhan), yaitu hubungan antara alat kelamin jantan dan betina untuk memindahkan semen (mani) ke dalam organ reproduksi betina.

b. Skrotum 

Selaput pembungkus testis sebagai pelindung testis serta mengatur suhu yang sesuai bagi spermatozoa.

Organ Reproduksi Dalam
a. Testis

 Kelenjar kelamin yang berjumlah sepasang sebagai penghasil sel-sel sperma serta hormon testosteron. Dalam testis, banyak terdapat saluran halus yang disebut tubulus seminiferus.
    
b. Epididimis 

Saluran panjang dan berkelok yang keluar dari testis. Fungsinya, untuk menyimpan sperma sementara dan mematangkan sperma selama kira-kira 3 minggu.

c. Vas deferens

Saluran panjang dan lurus yang mengarah ke atas dan berujung di kelenjar prostat. Fungsinya untuk mengangkut sperma menuju vesikula seminalis.

d. Saluran ejakulasi

saluran oendek yang menghubungkan vesikula seminalis dengan uretra.

e. Uretra

Saluran panjjang terusan dari saluran ejakulasi yang terdapat di penis.


2. SISTEM REPRODUKSI PADA WANITA




 Sistem reproduksi wanita juga terdiri dari organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam.

Organ Reproduksi Luar Wanita


a. Vagina

Saluran yang menghubungkan organ uterus dengan tubuh bagian luar. Fungsinya, sebagai organ kopulasi dan saluran persalinan keluarnya bayi, biasa disebut liang peranakan. Di dalam vagina terdapat selaput dara.

b. Vulva

Suatu celah yang terdapat di bagian luar dan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu labia mayora dan labia minora :
1. Labia mayora merupakan sepasang bibir besar yang terletak di bagian luar melindungi organ di dalamnya.
2. Labia minora merupakan sepasang bibir kecil yang terletak di bagian dalam dan membatasi vulva.

Organ Reproduksi Dalam Wanita


a. Ovarium

Organ reproduksi utama wanita yang berjumlah sepasang dan terletak di dalam rongga perut pada daerah pinggang sebelah kiri dan kanan. Fungsinya, untuk menghasilkan sel ovum dan hormon wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron.

b. Estrogen

Berfungsi untuk mempertahankan sifat sekunder (merangsang penebalan dinding rahim) serta membantu dalam proses pematangan sel ovum.

c. Progesteron

Berfungsi memelihara masa kehamilan, contohnya menyiapkan endometrium sebagai tempat implantasi embrio.

d. Fimbriae 

Serabut/silia lembut yang terdapat di bagian pangakl ovarium berdekatan dengan ujung saluran oviduk. Fungsi, untuk menangkap sel ovum matang matang yang dikeluarkan oleh ovarium.

f. Infundibulum

Bagian ujung oviduk yang berbentuk corong/membesar dan berdekatan dengan fimbriae. Gungsinya, menampung sel ovum yang telah ditangkap oleh fimbrae.

g. Tuba falopi

Saluran memanjang setelah infundibulum yang bertugas sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterus dengan bantuan silia pada dindingnya.

h. Oviduk

Saluran panjang kelanjutan dari tuba falopi. Fungsinya, sebagai tempat fertilisasi dan jalan bagi sel ovum menuju uterus dengan bantuan silia pada dindingnya.

i. Uterus 

Organ yang berongga dan berotot. Berbentuk seperti buah pir dengan bagian bawah yang mengecil. Fungsinya sebagai tempat pertumbuhan embrio selama kehamilan. Uterus mampu berkembang sampai 500 kali ukuran awalnya jika diperlukan selama proses kehamilan. Tipe uterus pada manusia adalah simpleks, yaitu dengan satu ruangan yang hanya untuk satu janin. Uterus mempunyai 3 lapisan dinding yaitu perimetrium, miometrium dan endometrium.

j. Cervix

Bagian dasar uterus yang berbentuk menyempit sehingga disebut leher rahim yang menghubungkan uterus dengan saluran vagina dan sebagai jalan keluarnya janin dari uterus menuju saluran vagina. Saluran vagina merupakan saluran lanjutan dari cervix sampai pada vagina.

Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu, semoga artikel  tentang Sistem Reproduksi pada Manusia bermanfaat untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Kesehatan dengan judul Sistem Reproduksi pada Manusia. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2012/10/sistem-reproduksi-pada-manusia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Sistem Reproduksi pada Manusia"