Powered by Blogger.

Prospek Pengembangan Industri Mikoriza

Prospek Pengembangan Industri Mikoriza. Pemberian inokulan mikoriza tenyata dapat meningkatkan pertumbuhan di persemaian dan bahkan setelah di lapangan tanaman. Hal ini tentu dapat diharapkan bahwa pemberian mikoriza bagi tanaman jenis Hutan Tanaman Industri, akan dapat membantu meningkatkan keberhasilan pembangunan HTI dan pembangunan hutan lainnya.

Pengemasan inokulan mikoriza dalam bentuk tablet dan kapsul bertujuan untuk :

(1) Penghematan inokulan dan meningkatkan keefektifan. Pada praktek sebelumnya, penularan mikoriza dilakukan melalui pemakaian tanah yang berasal dari tegakan hutan maupun dipersemaian yang dibawa dan dipindahkan kelubang tanaman dilapang. Apalagi hal ini akan dilakukan untuk bahan yang sangat luas tentunya akan sangat merepotkan dan sangat tidak praktis. Selain itu setiap tanah yang berasal dari tegakan hutan belum tentu ada spora atau hifa cendawan mikoriza.


(2) Mempermudah penanganannya. Pembangunan hutan tanaman yang sangat luas membutuhkan inokulan mikoriza yang sangat banyak. Apabila dikemas dalam bentuk kapsul atau tablet akan mempermudah dalam pengangkutannya dan penyimpanannya karena biasanya lapangan tanaman berada pada lokasi terpencil yang kurang fasilitas.

(3) Dapat di produksi secara khusus. Lahan yang akan dipakai untuk pembangunan hutan tanaman, pH tanahnya sangat bervariasi. Apabila dikemas dalam bentuk tablet, maka komponen penyusun tablet dapat diatur sedemikian rupa supaya dapat sesuai dengan pH tanah stempat yang diproduksi secara khusus.

Mengingat begitu luasnya target HTI dengan berbagai permasalahan yang ada maupun target luas kegiatan reboisasi dan rehabilitasi lahan di Indonesia, pengembangan industri mikoriza mempunyai prospek dan peluang yang besar. Bahkan prospek dan peluang ini diperbesar apabila melihat kegiatan pembangunan serupa dibeberapa negara tetangga yang mempunyai masalah yang relatif sama. 

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Prospek Pengembangan Industri Mikoriza bermanfaat untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Pertanian dengan judul Prospek Pengembangan Industri Mikoriza. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2012/11/prospek-pengembangan-industri-mikoriza.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -
Beri Komentar Untuk "Prospek Pengembangan Industri Mikoriza"