Powered by Blogger.

Pengertian Kredit dan Kredit Pensiun

Pengertian Kredit dan Kredit Pensiun. Pengertian kredit menurut sejarahnya adalah berasal dari bahasa romawi yaitu kata ”Credere” yang  berarti  kepercayaan  disini  artinya  pemberi  pinjaman (kreditur)  percaya  bahwa  si  penerima  pinjaman  (debitur) dapat  memenuhi kewajibannya. Dalam  kehidupan  sehari-hari kata  kredit  sudah  tidak  asing  bagi  semua masyarakat kita. Kata kredit tidak hanya dikenal oleh masyarakat kota-kota besar tetapi telah sampai di desa-desa.

Sedangkan  pengertian  kredit  menurut  undang-undang  No.10  Tahun  1998 tentang perbankan yaitu penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan. Dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-menjam antara bank dengan  pihak  lain  yang  mewajibkan  pihak  peminjam  untuk  melunasi  hutang setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.


Atas pengertian kredit diatas, maka dapat dikatakan Kredit Pensiun adalah kredit yang diberikan kepada para pensiunan atau jandanya baik sipil, militer maupun pensiunan swasta yang mempunyai Yayasan Dana Pensiun (YDP) dan menerima uang  pensiunan  secara  tetap  setiap  bulannya.  Adapun  pengertian Pensiunan itu sendiri adalah orang yang telah bekerja selama 30 tahun atau lebih pada suatu masa masa kerja sampai batas usia tertentu pada suatu instansi pemerintah dan dia harus berhenti bekerja karena telah habis masa kontraknya.

Pasar Sasaran Kredit Pensiun (Kresun) adalah sebagai berikut :

1. Pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Pusat maupun Daerah atau jandanya.

2. Pensiunan  Tentara  Nasional  Indonesia  (TNI)  dan  Polisi  Republik  Indonesia (POLRI).

3. Pensiunan Pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau jandanya.

4. Pensiunan Pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau jandanya.

5. Pensiunan Pegawai PERUM atau jandanya.

6. Pensiunan Pegawai PERSERO atau jandanya.

7. Pensiunan Karyawan Swasta yang instansinya mempunyai YDP atau jandanya.

8. Pensiunan Pegawai lainnya atau jandanya yang menerima pensiunan secara tetap dari  perusahaan  asuransi  ataupun  perusahaan  dana  pensiun,  yang  dinilai mempunyai bonafiditas dan dapat dipercaya.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Ekonomi dengan judul Pengertian Kredit dan Kredit Pensiun. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2013/06/pengertian-kredit-dan-kredit-pensiun.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Pengertian Kredit dan Kredit Pensiun"

Belum ada komentar untuk "Pengertian Kredit dan Kredit Pensiun"