Powered by Blogger.

Lingkungan Pemasaran

Lingkungan Pemasaran. Sebagian dari pekerjaan perencanaan strategik terfokus apakah organisasi mempunyai sumber daya dan kapabilitas yang memadai untuk menjalankan misinya dan mewujudkan visinya. Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu organisasi untuk tetap menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru, sedangkan penilaian yang jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme pada rencana-rencana yang akan dibuat organisasi. Pada sisi lain terdapat kekuatan-kekuatan di luar organisasi yang mempengaruhi operasi dan kinerja organisasi tersebut. Kemampuan dan ketidak-mampuan untuk mengidentifikasi kekuatan-kekuatan utama di luar organisasi akan sangat menentukan apakah organisasi akan berhasil atau gagal menjalankan misinya dan mewujudkan visinya. Bagan Lingkungan Pemasaran

Definisi Lingkungan Pemasaran

• Lingkungan Pemasaran ialah Faktor-faktor yang berada melingkupi dan mempengaruhi perusahaan.
• Lingkungan Eksternal ialah Sejumlah kekuatan yang bersifat “tidak dapat dikendalikan” dan membentuk peluang dan ancaman.
• Lingkungan Internal ialah Faktor-faktor internal perusahaan yang dapat dikendalikan dan menjelaskan kekuatan dan kelemahan.
• Lingkungan Eksternal Makro adalah faktor-faktor yang berada diluar kontrol langsung perusahaan dan dapat mempengaruhi seluruh pelaku dilingkungan mikro.
• Lingkungan Eksternal Mikro adalah Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan secara langsung, dan disaat yang sama faktor-faktor tersebut dapat dipengaruhi pula oleh perusahaan.
• Lingkungan Umum adalah sekumpulan elemen-elemen dalam masyarakat yang lebih luas dan mempengaruhi suatu industri dan perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya.
• Lingkungan Industri adalah serangkaian faktor-faktor yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dalam bertindak.
• Lingkungan Pesaing adalah lingkungan dimana perusahaan bersaing secara langsung dengan sebuah perusahaan lainnya yang memiliki kapabilitas yang relatif sama.

Lingkungan Eksternal

Fokus Analisis Eksternal

• Analisis Lingkungan Umum ialah berfokus pada masa yang akan datang
• Analisis Lingkungan industri ialah fokus pada pemahaman akan faktor-faktor dan kondisi-kondisi yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan
• Analisis Pesaing berfokus pada prediksi terhadap dinamika tindakan-tindakan, respon-respon dan kemauan para pesaing

Interaksi Lingkungan Makro

Ledakan pertumbuhan populasi (DEMOGRAFI) menyebabkan peningkatan konsumsi sumber daya dan polusi (GLOBAL/ALAM), yang menyebabkan konsumen menuntut lebih banyak peraturan perundang-undangan (POLITIK-HUKUM), yang merangsang solusi teknologi dan produk baru (TEKNOLOGI) dan jika teknologi tersebut terjangkau bagi masyarakat (EKONOMI) akhirnya dapat mengubah perilaku dan sikap (SOSIOKULTURAL).

Komponen Analisis Lingkungan Eksternal

Pemindaian (Scanning): Mengidentifikasi tanda-tanda awal dari perubahan dan tren-tren lingkungan.
Pengawasan (Monitoring): Mendeteksi perubahan dan tren-tren lingkungan melalui pengawasan yang berkelanjutan.
Peramalan (Forecasting): Mengembangkan proyeksi yang mengantisipasi hasil-hasil berdasarkan pengawasan terhadap perubahan dan tren-tren tersebut.
Penilaian (Assessing) : Menenetukan waktu dan signifikansi perubahan dan tren-tren lingkungan bagi strategi dan manajemen perusahaan.

Lingkungan Internal

Sumber Daya

• Berwujud : Aktiva-aktiva yang dapat dilihat dan diukur

1. Sumber Daya Keuangan
2. Sumber Daya Organisasi
3. Sumber Daya Fisik
4. Sumber Daya Teknologi

• Tidak berwujud : Aktiva-aktiva yang berurat akar dalam sejarah perusahaan dan telah terkumulasi sepanjang waktu

1. Sumber Daya Manusia
2. Sumber Daya Inovasi
3. Sumber Daya Reputasi

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel tentang Lingkungan Pemasaran bermanfaat untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Ekonomi dengan judul Lingkungan Pemasaran. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2013/03/lingkungan-pemasaran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Lingkungan Pemasaran"

Belum ada komentar untuk "Lingkungan Pemasaran"