Powered by Blogger.

Contoh Proposal Ekonomi Bag.1

Contoh Proposal Ekonomi. 

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesejahteraan karyawan secara psikologis dapat dinilai dari cara menjalankan pekerjaannya dan loyalitas terhadap job deskripsi yang dibebankan sesuai dengan posisi / jabatan masing-masing. Sedangkan untuk mendukung hal tersebut secara individu karyawan membutuhkan jaminan kenyamanan dan keamanan secara fisik dan non fisik agar dapat menumbuhkan motivasi kerja.

Kenyamanan dan kesehatan kerja sama halnya dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Keselamatan kerja dalam pembahasannya yakni berkenaan langsung dengan sistem yang diterapkan oleh perusahaan terhadap karyawannya dengan tujuan melindungi karyawan pada saat sebelum, sementara, dan setelah melakukan pekerjaannya. Keselamatan kerja ini sangat penting dikarenakan karena apabila seseorang ditempa musibah kecelakaan kerja maka selain dirinya pribadi, keluarganya juga akan turut merasakan akibatnya bagi dirinya pribadi yang tertimpa kecelakaan akan menderita phisiknya dan khususnya kecelakaan yang menimbulkan cacat membuat cahaya kehidupannya yang dulunya cemerlang cenderung menurun atau bahkan menjadi suram. Bagi keluarga akan menimbulkan beban moril, adakalanya menjadi beban materil jika yang mengalami kecelakaan kerja merupakan anggota keluarga yang menjadi tulang punggung kehidupan keluarga. Khususnya bagi perusahaan selain kehilangan tenaga kerja juga perusahaan akan mendapat beban tanggungjawab materil sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku.

Menurut Pasal 86 dan 87 (undang-undang No. 13 tahun 2003) tentang ketenagakerjaanbahwa setiap pekerja / buruh berhak memperoleh perlindungan atas keselamatan, dan kesehatan moral dan kesusilaan serta perlakuan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia dan nilai-nilai agama. Setiap perusahaan wajib menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja.

PT. Haka Utama adalah perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi dan Suppliers. Telah menerapkan sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada setiap kegiatan karyawannya. Sebab penyelenggaraan kontruksi wajib memenuhi ketentuan teknik tentang keteknikan, keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, perlindungan tenaga kerja, serta tata lingkungan setempat untuk menjamin seluruhnya tertib penyelenggaraan pekerjaan kontruksi.
 
B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh terhadap motivasi karyawan pada PT. Haka Utama.

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap motivasi kerja pada PT. Haka Utama.

D. Kegunaan Penelitian

Kegunaan Penelitian :

1. Sebagai salah satu masukan untuk meningkatkan kesadaran perusahaan dan karyawan terhadap pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja dalam peningkatan motivasi kerja.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi para karyawan dalam meminimalisir kecelakaan kerja dan menjaga kesehatan kerja.
3. Sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian dalam bidang yang sama, guna mengembangkan ilmu pengetahuan.

D. Hipotesis

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas, Hipotesis penelitian ini adalah “diduga bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja sangat berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan PT. Haka Utama”.

NEXT :  Contoh Proposal Ekonomi Bag.2
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Ekonomi dengan judul Contoh Proposal Ekonomi Bag.1. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2013/05/contoh-proposal-ekonomi-bag1.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Contoh Proposal Ekonomi Bag.1"

1 Komentar untuk "Contoh Proposal Ekonomi Bag.1"

Morinda said...

terimakasih artrikelnya sangat membantu