Powered by Blogger.

Contoh Makalah Budaya Politik

Budaya Politik

A. PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
   
1. Pengertian Secara Umum

Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat. Namun, setiap unsur masyarakat berbeda pula budaya politiknya, seperti antara masyarakat umum dengan para elitenya. Seperti juga di Indonesia, menurut Benedict R. O’G Anderson,kebudayaan Indonesia cenderung membagi secara tajam antara kelompok elite dengan kelompok massa.

2. Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

Terdapat banyak sarjana ilmu politik yang telah mengkaji tema budaya politik, sehingga terdapat variasi konsep tentang budaya politik yang kita ketahui. Namun bila diamati dan dikaji lebih jauh, tentang derajat perbedaan konsep tersebut tidaklah begitu besar, sehingga tetap dalam satu pemahaman dan rambu-rambu yang sama. Berikut ini merupakan pengertian dari beberapa ahli ilmu politik tentang budaya politik.
a. G. A. Almond dan S. Verba

sikap orientasi warga Negara terhadap system pilitik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga   aneka ragam bagiannya, dan sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu

b. Mochtar Masoed dan Colin MacAndrews

Sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan Sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya

c.  Almond dan Powell

Sutu konsep yang terdiri dari sikap, keyakinan, nilai - nilai dan ketrampilan yang sedang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat, termasuk pola - pola kecenderungan khusu serta pola - pola kebiasaan yang terdapat pada kelompok - kelompok dalam masyarakat

Menurut Almond dan Powel l, orientasi individu  terhadap sistem politik mencakup 3 aspek yaitu :

1.Orientasi kognitif f, yaitu pengetahuan dan ,keyakinan tentang sistem politik.Misalnya: tingkat pengetahuan seseorang tentang jalannya sistem politik, tokoh pemerintahan dan kebijakan yang mereka ambil, simbol-simbol kenegaraan, dll.
2.Orientasi afektif , yaitu aspek perasaan dan emosional seseorang individu terhadap system politik.
3.Orientasi evaluatif , yaitu penilaian seseorang  terhadap sistem politik, menunjuk pada komitme terhadap nilai-nilai dan pertimbangan-pertimbangan politik terhadap kinerja sistem politik. 

Baca Selengkapnya, DOWNLOAD DISINI

Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu semoga artikel  tentang Contoh Makalah Budaya Politik bermanfaat untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori sosial Politik dengan judul Contoh Makalah Budaya Politik. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2012/12/contoh-makalah-budaya-politik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Contoh Makalah Budaya Politik"