Powered by Blogger.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi. Berbicara tentang Ilmu ekonomi, sebenarnya disini ada dua kata yang berbeda yang saling berkaitan dan mempunyai arti yang berbeda. Sebelum lanjut lebih jauh apa pengertian ilmu ekonomi maka Menara ilmu akan  membahas terlebih dahulu apa itu Ilmu? dan apa itu ekonomi?. Ilmu  adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Sedangkan Kata "Ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga.". Nah, setelah kita melihat pengertian ilmu dan ekonomi diatas maka ditarik sebuah kesimpulan bahwa : Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. 
Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli :

Menurut M. Manulang 

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik barang-barang maupun jasa)

Menurut Prof. DR. J.L Mey JR.

Ilmu Ekonomi Yaitu: Ilmu Pengetahuan Yang Mempelajari  Usaha Manusia Kearah Kemakmuran. 

Menurut Adam Smith

Ilmu ekonomi secara sistematis  mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu

Menurut Lipsey 

Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuha manusia yang tidak terbatas

Menurut Alfred Marshall

Ilmu ekonomis adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari

Menurut Paul  A Samulson

Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi

Menurut Von Neumann dan Morgenstern

Ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang sayang sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menghadapi masalah-masalah mendesak zaman itu

Menurut Samuekon

Ilmu ekonom adalah sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya
Menurut Albert L. Meyers

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia.

Menurut Mill J. S

Ekonomi ialah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan.

Menurut Abraham Maslow

Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Menurut Hermawan Kartajaya

Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya.

Menurut Mel Vilye J ulmer

Ilmu Ekonomi Yaitu: Ilmu Pengertahuan Tentang Kegiatan – Kegiatan Manusia Yang Berhubungan Dengan Proses Produksi, Distreibusi Dan Konsumsi.

Menurut Oscar Langen

Ilmu Ekonomi Yaitu: Mempelajari Tata Administrasi Dari Resources Sedemikian Rupa Sehingga Dapat Digunakan Bagi Kehidupan Manusia Sebaik-Baiknya.

Menurut Lionel Robbins

Ilmu Ekonomi Yaitu:Ilmu Pengetahuan Yang Mempelajari  Tingkalaku Manusia Dalam Hubunganya Pemenuhan Kebutuhan Yang  Langka.

Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu semoga artikel  tentang Pengertian Ilmu Ekonomi  bermanfaat untuk anda.

Sumber  :
http://id.wikipedia.org
http://carapedia.com
http://terorblade.blogspot.com
http://mariiberbagi.blogspot.com
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Ekonomi dengan judul Pengertian Ilmu Ekonomi . Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2012/12/pengertian-ilmu-ekonomi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: sukiman palumbai -
Beri Komentar Untuk "Pengertian Ilmu Ekonomi "