Powered by Blogger.

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama. Jika ingin melakukan kerja sama dengan pihak lain, sangat penting untuk membuat surat perjanjian kerja sama. Dalam hal ini, kedua bela pihak yang menjalin kerja sama harus membuat kesepakatan tertulis sebagai bukti kuat bahwa perusahaan A dan B telah menjalin kerjasama. Perjanjian kerja sama ini sebagai alat bukti jika suatu saat terjadi masalah dari kesepatan yang telah disetujui, maka bukti tertulis inilah yang menjadi dasar hukum untuk menuntut salah pihak jika di kemudian hari terjadi masalah. Perjanjian tertulis sangat kuat hukumnya karena kedua bela pihak akan menandatangani kesepakatan kerja sama dalam surat perjanjian tertulis dengan materai. Berikut Contoh Surat Perjanjian Kerjasama.

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA
NOMOR : A- 000/SPK/V/2013

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

PIHAK I

Dalam hal ini bertindak sebagai pemilik PT. INTI INDO IT yang beralamat di jl. Sana Sini No.123 makassar. selanjutnya dalam perjanjian ini di sebut sebagai pihak pertama

PIHAK II

Dalam hal ini bertindak sebagai pengelola PT. INTI INDO IT. Selanjutnya di sebut sebagai pihak kedua.

kedua belah pihak telah sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam bidang pengembangan teknologi. perjanjian yang dimaksud disebutkan dalam pasal- pasal perjanjian ini, sebagai dasar untuk melakukan kerjasama.

PASAL 1

KETENTUAN UMUM

(1) Perjanjian ini bersifat mengikat kedua belah pihak yang mengadakan perjanjian sebagai dasar untuk melakukan kerjasama yang dimaksud.
(2) Perlu adanya kejelasan mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak atas kegiatan operasional pengembangan Teknologi.

PASAL 2

KEGIATAN OPERASIONAL PT. INTI INDO IT

(1) Pihak kedua selaku pengelola PT. INTI INDO IT bertanggung jawab atas operasi PT. INTI INDO IT sesuai dengan peraturan perundagan yang berlaku dalam bidang Teknologi di Indonesia.
(2) Kehadiran pengelola PT. INTI INDO IT minimal sebulan sekali.
(3) Pihak kedua melimpahkan sebagian tugas manajemen operasional kepada pihak pertama tanpa mengurangi fungsi dan tanggung jawabnya sebagai pengelola PT. INTI INDO IT.

PASAL 3

HAK DAN KEWAJIBAN PIHAK KEDUA

(1) Kewajiaban pihak kedua selaku pengelola PT. INTI INDO IT adalah fungsi dan tanggung jawab sebagaimana yang dimaksud dalam peraturan pemerintah sesuai dengan pasal 2 ayat 2 perjanjian ini.
(2) sebagai imbalan atas kewajibannya, pihak kedua berhak untuk mendapatkan:

(a) gaji perbulan sebesar Rp. 1.260.000; (satu juta dua ratus enam puluh ribu rupiah) yang dibayarkan paling lambat akhir bulan berjalan.
(b) tunjangan hari raya sebesar satu kali gaji.
(c) pasal 3 ayat 2 poin a dan b mulai berlaku pada saat PT. INTI INDO IT sudah berjalan (operasional).
(d) hak-hak pihak kedua besar rupiahnya akan ditinjau kembali, berdasarkan perkembangan PT. INTI INDO IT dengan kesepakatan bersama.

Pasal 4

HAK DAN KEWAJIBAN PIHAK PERTAMA

(1) Kewajiban pihak pertama adalah memenuhi hak- hak pihak kedua.
(2) hak pihak pertama adalah hal-hal yang menjadi kewajiban pihak kedua.

Pasal 5

LAIN-LAIN

dalam hal pihak kedua berhalangan dalam melakukan kewajibannya sebagai pengelola PT. INTI INDO IT IT, maka wajib mengadakan PT. INTI INDO IT baru sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pasal 6

PENUTUP

(1) Surat perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani di bawah materai oleh kedua belah pihak dalam keadaan sadar dan tidak dalam tekanan pihak lain.
(2) apabila dikemudian hari terjadi ketidaksepahaman dan atau terdapat hal-hal lain yang belum terdapat dalam surat perjanjian ini maka akan diselesaikan secara musyawarah.
(3) perjanjian ini berlaku sejak surat izin PT. INTI INDO IT diterima oleh pemilik PT. INTI INDO IT dan berlaku sampai salah satu pihak merasa perlu meninjau kembali kesepakatan bersama ini.

demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


                                  PIHAK PERTAMA                                  PIHAK KEDUA

 
                                 NURUL ALAMI                                       MERVIN DATO

                                 SAKSI PERTAMA                                  SAKSI KEDUA

                                 INTAN TRIWULAN                                 MUH. SAMUDRA

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Menara Ilmu" semoga artikel  tentang Contoh Surat Perjanjian Kerjasama bermanfaat untuk anda.
Anda baru saja membaca artikel di Menara Ilmu berkategori Serba-Serbi dengan judul Contoh Surat Perjanjian Kerjasama. Anda bisa sebarkan artikel ini dengan URL http://menarailmuku.blogspot.com/2013/03/contoh-surat-perjanjian-kerjasama.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -
Beri Komentar Untuk "Contoh Surat Perjanjian Kerjasama"

Belum ada komentar untuk "Contoh Surat Perjanjian Kerjasama"